Articles

Cegah Kanker dengan Berolahraga Secara Teratur dari Sekarang

Cegah Kanker dengan Berolahraga Secara Teratur dari Sekarang

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti di kalangan masyarakat. Data Globocan menyebutkan di tahun 2018 terdapat 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian, dimana 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan di dunia mengalami kejadian kanker. Data tersebut juga menyatakan 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan, meninggal karena kanker. Sementara angka kejadian penyakit kanker di Indonesia (136.2/100.000 penduduk) berada pada urutan 8 di Asia Tenggara, sedangkan di Asia urutan ke 23.

Angka kejadian tertinggi di Indonesia untuk laki laki adalah kanker paru yaitu sebesar 19,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 10,9 per 100.000 penduduk, yang diikuti dengan kanker hati sebesar 12,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 7,6 per 100.000 penduduk. Sedangkan angka kejadian untuk perempuan yang tertinggi adalah kanker payudara yaitu sebesar 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk yang diikuti kanker leher rahim sebesar 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 per 100.000 penduduk.

Untuk pencegahan dan pengendalian kanker di Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah melakukan berbagai upaya salah satunya mengembangkan program penemuan dini kanker pada anak, pelayanan paliatif kanker, deteksi dini faktor risiko kanker paru, sistem registrasi kanker nasional, serta deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim pada perempuan usia 30-50 tahun. Namun, sebagai tindakan pereventif banyak para ahli yang menganjurkan untuk mencegahnya penyakit ini melalui olahraga dibanding harus menyembuhkannya. Dengan berolahraga, lemak yang sering menjadi pemicu sel kanker akan dibakar menjadi sebuah energi. Berikut ini beberapa jenis olahraga yang tidak hanya mencegah penyakit berbahaya seperti kanker, tetapi juga membuat tubuh memiliki stamina yang tinggi sekaligus menyehatkan tubuh dan pikiran.

  • Berjalan Kaki

Jalan kaki merupakan jenis aktivitas olahraga yang paling mudah dan murah untuk mencegah penyakit kanker. Selain penyakit kanker, berjalan kaki dapat mencegah penyakit lainnya seperti penyakit jantung, obesitas, dan diabetes. Saat berjalan kaki, stres akan tersingkir dari jantung dan pikiran. Luangkan waktu Anda 30 menit untuk berjalan kaki setiap harinya.

  • Jogging

Olahraga jogging atau berlari selama 45 menit juga merupakan cara ampuh untuk dapat mencegah kanker. Saat melakukan aktivitas jogging jantung akan berdetak lebih cepat dan tubuh akan mengeluarkan keringat. Hasilnya racun dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat.

  • Yoga

Olahraga ini memberikan manfaat untuk jiwa, pikiran dan tubuh setiap manusia. Saat melakukan yoga, seluruh energi negatif dan racun yang ada dalam tubuh akan dikeluarkan. Anda dapat melakukan yoga setiap hari agar tubuh lebih sehat dan usia lebih panjang.

  • Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang seru, terutama jika dilakukan bersama keluarga atau teman. Olahraga ini cocok dilakukan di pagi hari karena Anda akan mendapat udara segar yang dapat menyehatkan paru-paru. Dengan demikian, penyakit kanker paru-paru dapat dicegah bila Anda melakukan olahraga ini secara rutin.

  • Menari

Menari termasuk salah satu aktivitas yang menyehatkan. Saat ini menari tidak hanya sekedar hobi atau tuntutan gaya hidup sebagai penunjang eksistensi semata, namun dengan menari tentunya dapat menghindari Anda dari ancaman penyakit kanker. Saat ini sudah banyak juga aktivitas olahraga yang digabungkan dengan konsep menari seperti Zumba dan Salsa. Salah satu cara menari yang asyik adalah sambil mendengarkan lagu favorit. Lakukan selama 30 menit setiap hari, maka tubuh akan lebih sehat, bugar, dan sekaligus indah.

  • Berenang

Berenang merupakan olahraga air yang kaya manfaat dan dapat dilakukan oleh seluruh kalangan mulai dari anak hingga dewasa. Dengan berenang, kesehatan jantung dan sirkulasi darah akan meningkat. Lapisan kolesterol serta racun-racun lain yang terdapat pada pembuluh darah perlahan akan hilang sehingga penyakit kanker dapat Anda cegah. Berenanglah secara rutin minimal satu jam setiap harinya untuk dapat merasakan kesehatan dan tubuh lebih bugar.

Berbagai macam olahraga tersebut sebaiknya Anda lakukan secara rutin agar memberikan manfaat maksimal. Apabila Anda sudah memiliki kebiasaan berolahraga secara rutin, Anda bisa terus melakukannya, namun jangan terlalu memaksakan dan berlebihan. Jika Anda melakukan olahraga yang lebih intens dan berat, Anda perlu mendapatkan waktu istirahat yang cukup, yaitu satu hari istirahat setiap minggunya. Banyak olahraga yang bisa mencegah kanker. Pada dasarnya semua aktivitas fisik yang membuat tubuh aktif dapat mencegah kanker.