Articles

World Cancer Day 2019

World Cancer Day 2019

Tingginya jumlah penderita kanker di Indonesia saat ini seharusnya dapat menyadari kita untuk mendeteksi dini kesehatan secara berkala mulai dari sekarang. Jumlah penderita kanker terbanyak di Indonesia adalah penyakit kanker serviks, kanker serviks merupakan kanker yang muncul pada leher rahim wanita dan sangat berisiko menyebabkan kematian para wanita.

Tingginya kasus kanker serviks tersebut membuat WHO menempatkan Indonesia sebagai negara tertinggi ke-2 di dunia dengan jumlah penderita kanker serviks terbanyak. WHO juga memprediksi pada tahun 2030 akan terjadi peningkatan penderita kanker serviks dan penderita kanker lainnya di Indonesia sampai dengan tujuh kali lipat. Data lain yang didapat dari Indonesian Cancer Foundation, dalam setiap tahunnya kanker serviks menyerang kurang lebih 15.000 wanita Indonesia. Tak kurang dari 55% penderita kanker serviks meninggal karena kurangnya penanganan.

Terkait dengan Hari Kanker Dunia besarnya jumlah penderita kanker di Indonesia seharusnya dapat diminimalisir jika setiap orang rutin dalam mendeteksi dini kesehatannya dan membiasakan pola hidup sehat seperti : rajin berolahraga, mengonsumsi buah dan sayuran, menghindari makanan yang memiliki pengawet, menjauhi rokok dan alkohol.