Articles

Yuk, Peduli Gizi Mulai dari Diri Sendiri!

Yuk, Peduli Gizi Mulai dari Diri Sendiri!

Gerakan peduli gizi menjadi ajakan yang patut kita laksanakan. Dimulai dari diri sendiri, gerakan peduli gizi diharapkan dapat diterapkan untuk orang-orang sekitar kita termasuk keluarga.

Ada 4 prioritas yang ditekankan pemerintah dalam kesehatan gizi nasional, salah satunya pegendalian penyakit tidak menular seperti diabetes. Saat ini, jumlah penderita diabetes mencapai 30 juta orang. Sayangnya, sekitar 90% penderita diabetes merupakan diabetes tipe 2 yang diakibatkan dari buruknya asupan gizi seimbang.

Penyakit tidak menular seperti diabetes menjadi prioritas dalam kesehatan gizi nasional karena diabetes menjadi penyebab kematian terbesar nomor tiga di Indonesia. Berdasarkan data World Economic Forum April 2015, potensi kerugian akibat Penyakit Tidak Menular  di Indonesia pada periode 2012-2030 mencapai 4,47 triliun dolar, atau 5,1 kali PDB 2012. Besarnya pembiayaan kesehatan akibat diabetes tampak dari klaim BPJS sampai tahun 2015, di mana diabetes dan komplikasinya menjadi  salah satu kelompok klaim  terbesar untuk biaya catastrophic JKN, yaitu 33 % dari total pengeluaran.

Terkait Hari Gizi Nasional, sudah saatnya kita memperhatikan asupan makanan sehat dan gizi seimbang. Caranya, konsumsi buah sayur minimal 5 porsi per hari dan sedapat mungkin menekan konsumsi gula hingga maksimal 4 sendok makan atau 50 gram per hari, serta hindari makanan/minuman yang manis atau yang  berkarbonasi. Yuk, kita mulai peduli gizi mulai dari diri sendiri!