Articles

Durasi Yang Tepat Untuk Berolahraga

Durasi Yang Tepat Untuk Berolahraga

Hidup aktif memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita. Selain menjauhkan kita dari berbagai penyakit fisik seperti penyakit jantung koroner, obesitas, hipertensi, osteoporosis, kanker kolon, kanker payudara, dan diabetes melitus, olahraga juga dapat menjauhkan kita dari gangguan jiwa seperti depresi. Olahraga membuat Anda lebih sehat jasmani sekaligus lebih sehat jiwa.

Untuk mereka yang berusia 18-64 tahun, WHO (World Health Organization) merekomendasikan minimalolahraga aerobik dengan intensitas sedang selama 150 menit per minggu atau olahraga aerobik dengan intensitas tinggi selama 75 menit.

Sesuai dengan rekomendasi WHO, Anda disarankan untuk melakukan olahraga intensitas sedang selama 150 menit per minggu, atau olahraga dengan intensitas tinggi selama 75 menit.

Apakah ini berarti Anda harus melakukan olahraga selama 2,5 jam (150 menit) atau 1 jam 15 menit (75 menit) non-stop? Tentu tidak. Anda bisa membaginya ke dalam beberapa hari. Asosiasi dokter jantung Amerika atau American Heart Association (AHA) menyarankan sebagai berikut.

  • 150 menit per minggu untuk intensitas sedang. Sebaiknya olahraga dilakukan minimal selama 5 hari dalam seminggu, dan dalam sehari minimal Anda berolahraga selama 30 menit.
  • 75 menit per minggu untuk intensitas tinggi. Sebaiknya olahraga dilakukan minimal selama 3 hari dalam seminggu, dan dalam sehari minimal Anda berolahraga selama 25 menit.

sumber : https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-lainnya/berapa-lama-olahraga-orang-dewasa/