News

Training of Trainers Vaccine : Well Trained Pharmacist in National Vaccination Program

PT. Anugrah Argon Medica sebagai salah satu perusahaan distribusi farmasi di Indonesia menghadiri “Training of Trainers Vaccine, Well Trained Pharmacist in National Vaccination Program” pada Hari Rabu, 23 Desember 2020 melalui Zoom dengan total peserta mencapai 518 peserta.

Ibu Sulviria selaku Quality Assurance Manager AAM hadir sebagai pembicara dengan materi “Penanganan Vaksin di PBF”. Pada kesempatan ini Ibu Sulviria menyampaikan beberapa hal terkait Teknis Penanganan Vaksin di PBF diantaranya :

• Penanganan produk rantai dingin di PBF pada prinsipnya sama dengan produk lainnya namun ada tambahan persyaratan khusus berupa pemastian suhu mulai dari produk di terima, di simpan sampai dengan di distribusikan ke customer.
• Pihak PBF wajib memastikan semua personil yang bertanggung jawab atas tugas khusus dalam penanganan produk ini sudah di berikan pelatihan yang memadai.
• Fasilitas penyimpanan di gudang PBF juga harus mumpuni serta dipastikan dijalankannya proses kualifikasi, validasi dan kalibrasi yang sesuai.
• PBF harus memiliki program pemeliharaan rutin terhadap fasilitas yang ada.

Peserta terlihat antusias untuk dan semangat dalam mengikuti pemaparan dari Ibu Sulviria, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan saat sesi diskusi, diantaranya bagaimana penanganan vaksin selama di gudang distributor dan saat transportasi sampai ke tangan customer, penanganan kualifikasi dan validasi untuk memastikan bahwa suhu tetap terjaga untuk penyimpanan dan pendistribusian vaksin, penanganan training ke personil yang terlibat langsung dalam penanganan vaksin, dll.