top of page

Implementasikan Bisnis Ramah Lingkungan, PT Medela Potentia Raih ESG Recognized Commitment 2023 dari Investor Daily



Corporate News - PT Medela Potentia mendapatkan penghargaan Investor Daily Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG) kategori ESG Recognized Commitment 2023 atas komitmen yang kuat dan kontribusi nyata terhadap inisiatif ESG dan mampu mengimplementasikannya secara terintegrasi dan berkelanjutan dalam operasional bisnis perusahaan.

 

Penghargaan Investor Daily ESG Appreciation 2024 diberikan oleh Pemimpin Redaksi beritasatu.com Bapak Syukri Rahmatullah dan Direktur Commercial B-Universe Ibu Melly Marlian yang diterima langsung oleh Human Resources Director PT Medela Potentia Ibu Nancy Kartika pada Investor Daily ESG Appreciation Night pada Selasa, 27 Februari 2024 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

 

Hadir dalam acara penghargaan Komisaris Utama B-Universe, Bapak Enggartiasto Lukita; Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bapak Inarno Djajadi; Direktur Kerjasama Pelaksanaan Berusaha BKPM, Bapak Meyer Siburian; Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi GRC, Bapak Jerry Marmen; serta dewan juri independen, Ibu Dr. Uun Sunarsih SE, M.SI., CSRS, CSRA dan Ibu Dr. Erna Lovita S.E., M.Si., Ak., C.A., CSRS., CSRA.

 

ESG Recognized Commitment 2023 dari Investor Daily menjadi wujud apresisasi atas aksi nyata PT Medela Potentia sebagai induk dari perusahaan distribusi dan marketing produk farmasi dan alat kesehatan, manufaktur alat kesehatan dan ekosistem kesehatan digital yang ramah lingkungan.

 

"Perusahaan yang hadir pada malam mini adalah perusahaan yang berkomitmen dalam memenuhi ESG-nya,” kata Komisaris Utama B-Universe, Bapak Enggartiasto Lukita.

 

PT Medela Potentia dan entitas anak menyadari bahwa proses bisnis layanan distribusi produk farmasi dan alat kesehatan memiliki dampak signifikan dalam aspek lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan usaha untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan.

 

Salah satunya adalah melalui PT Anugrah Argon Medica (AAM) yang memulai operasional bisnis yang ramah lingkungan pada tahun 2022 dengan melakukan konversi armada distribusinya dari kendaraan berbasis bahan bakar ke kendaraan listrik (Electric Vehicle) dalam proses distribusi farmasi dan alat kesehatan.

 




“Kami memulai pilot project elektrifikasi armada distribusi pada desember 2022. Prinsip-prinsip ESG telah menjadi bagian perusahaan menuju keberlanjutan. Kami ingin memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan salah satunya dengan mengadopsi operasional bisnis yang ramah lingkungan,” kata Human Resources Director PT Medela Potentia Ibu Nancy Kartika.

 

Penggunaan kendaraan listrik ini telah dilakukan di tiga kota yaitu Jakarta, Bogor dan Surabaya dan berhasil mengurangi gas rumah kaca sebanyak 3,8ton CO2e. Di tahun 2024, AAM menargetkan elektrifikasi armada distribusi ini akan dilanjutkan ke 8 kota dengan 70 armada. Dengan inisiatif ini AAM ditargetkan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 33 ton CO2e.

 

Perusahaan juga mengangkat pengelolaan lingkungan menjadi aspek yang sangat penting dalam seluruh kegiatan operasional Perusahaan serta memiliki persetujuan lingkungan dan

persyaratannya.

 

“Dalam pengelolaan aspek lingkungan kami berkomitmen pada pemenuhan peraturan dan persyaratan lingkungan yang berlaku dan menjadikannya landasan utama. Kami juga mendukung pengurangan emisi karbon dan target Net Zero Emission Indonesia tahun 2060 atau lebih cepat,” ungkap Bapak Krestijanto Pandji.

Comments


bottom of page